Sejarah

SEJARAH SINGKAT MASJID AL- MUNAWWAROH

Admin Almunawwaroh | Selasa, 18 November 2014 - 18:42:22 WIB | dibaca: 673 pembaca

Dengan mengucap Bismillah hirrohman nirrohim

Marilah kita panjatkan puja dan puji serta syukur kehadirat Allah swt salam sejah tera kepada nabi kita nabi Muhammad saw yang telah membimbing kita dari alam gelap kea lam yang terang benderang semoga kita mendapatkan syafaatnya nanti di yaumil akhir.

Selanjutnya kami pengurus Masjid Jamie Almunawwaroh ingin mencoba mengemukakan asal usul dan riwayat adanya dan berdirinya Masjid Jamie Almunawwaroh yang terletak di jl. Bambu kuning Raya No 29 secara singkat mudah mudahan berkenan di hati jama’ah yang kami cintai.

Pada waktu itu di sekitar  tahun 1969 belum ada Masjid setelah bermusyawarah dan mufakat beberapa tokoh masyarakat datanglah seorang hamba Allah bernama Hj.Sudaryati Raharjo yang bertempat tinggal di cengkareng ,dengan izin dan hidayah Allah swt beliau memberikan dan mewakafkan sebidang tanah dengan ukuran luas 277 M2 yang letaknya di jl.Bambu Kuning Raya No 29 cengkareng barat.

Setelah di serah terimakan dari pemilik kepada beberapa tokoh masyarakat pada tahun 1970 di bangulah masjid oleh masyarakat setempat dengan ukuran 10 X 12 M2 walaupun bangunan masih darurat pada waktu itu tahun 1971 masjid sudah dapat di gunakan untuk sholat jum’at dan kegiatan lainnya.Dan inilah di sebut periode pertama 1970 – 1974 dengan ketua Bp.H.Rabil ( Alm )

Kemudian periode ke dua tahun 1975 – 1981 jama’ah tidak tinggal diam terus menerus pembangunan masjid secara secara gotong rayong, sebab masih banyak bagian bagian yang belum selesai .dan pada watu itu di tunjuk sebagai ketua oleh masyarakat Bp.Abdul Somad.

Kemudian periode  ke tiga tahun 1982 – 1987 tahun ini pun bangunan belum berubah dan bertambah luasnya,karena jama’ah masih kesulitan mencari dana untuk biaya,sehingga kadang kadang pada waktu sholat jum’at dan Idul Fitri membludak sampai keluar masjid.dan pada waktu itu masyarakat menynjuk sebagai ketua Bp.Abdul Wahid ( Alm )

Periode ke empat tahun 1988 – 1991 belum ada perubahan dan pad athun ini masyarakat menunjuk ketua Bp.Ust syahrudin ( Alm )

Periode ke lima tahun 1992 – 2002 tidak jauh dari tahun tahun sebelumnya ,karena pada waktu itu dana yang di harapkan baru sebatas dari tromol masjid Jum’at,belum ada inisiatif mencari dana keluar dan pada periode ini di tunjuk sebagai ketua Bp.H.Asyhar ( Alm )

Periode ke enam tahun 1998 -2002 tahun ini mulai sedikit ada perkembangan lebih baik karena jama’ah menghendaki ada 2 ( dua ) kepengurusan  yaitu :

                1.Ketua Bidang Rutin yaitu Bp.H.M.Basri ( Alm )

                2.Ketua Bidang Pembangunan yaitu Bp.Dr.H.Syahril Noer

Dan di harapkan dapat bekerja sama saling bahu membahu ,namun pertengahan tahun 1999 bangunan masjid belum terwujud dengan sempurna tiba tiba ketua bidang rutin menjadi pengurus Organisasi lainnya di luar masjid.kemudian baik Bidang Rutin maupun Bidang Pembangunan di satukan yang di ketuai oleh  Bp.Dr.H.Syahril Noer atas persetujuan jama’ah / masyarakat setempat dan selajutnya pergantian pengurus disepakati dalam 3 ( tiga ) tahun sekali.

Periode ke tujuh tahun 2003 – 2006 terpilih sebagai ketua Dr.H.Syahril Noer tahun ini pembangunan masjid di teruskan dan berjalan dengan baik , dan di tengah tengan sedang membangun yang ada ,kita di beri kepercayaan oleh hamba Allah yang tidak mau di sebut namanya yaitu memberikan sebidang tanah dengan ukuran 10 X 14 M2 yang terletak di belakang masjis sebagai wakaf.

Periode ke delapan tahun 2007 – 2010 terpilih kembali sebagai ketua Dr.H.Syahril Noer ,tahun ini pembangunan masjid lebih meningkat dan berjalan lancer mencapai hampir 75 %,berkat ada seorang hamba Allah yang tidak mau di sebutkan namanya dengan tulus meberikan bantuan baik tenaga ,pikiran maupun materil . periode ini pula kita sedang sibuknya menyelesaikan pembangunan.kembali hamba Allah memberikan sebidang tanah ukuran luas 83 M2 yang letaknya di sebelah utara masjid dan sekarang sedang kita rencanakan keperluan wakaf produktif.

Periode kesembilan tahun 2011 – 2013 terpilih kembali sebagai ketua Dr.H.Syahril Noer tahun ini pembangunan masjid sudah selesai. dan wakaf produktif pun yang tadi kami sebutkan diatas sudah selesai

Demikian sekilas sejarah Masjid Jamie Almunawwaroh Jl.Bambu kuning Raya 29 Cengkareng Barat Jakarta Barat. Kami mengharpkan Do’a dan restu sert partisipasi aktif dari semua pihak khususnya masyarakat setempat maupun pemerintah yang terkait dan Dewan Masjid baik dari tingkaat Ranting Cabang sampai dengan pusat.Amin ya Robbal alamin.

Wasaalamu’alaikum Wr.Wb

PENGURUS MASJID JAMIE AL-MUNAWWAROH

Ketua : Dr.H.Syahril Noer      Sekretaris : H.D.Djunaedi

 










Komentar Via Website : 0